Cari Resep Kue & Kudapan

Agar Gorengan Tak Terlalu Berminyak


Tidak bisa dipungkiri bahan makanan seperti apapun yang dioleh dengan digoreng akan terasa sangat sedap dan tentu saja lezat. Hanya saja seperti yang kita bersama ketahui, gorengan jika terlalu banyak dikonsumsi tidak berdampak baik terutama untuk kesehatan tubuh. Salah satu cara mengurangi resiko adalah dengan membuat gorengan tidak terlalu berminyak. Berikut ini cara agar gorengan tidak terlalu berminyak

Menjaga kebersihan dan kualitas minyak.

Ini maksudnya bukan berarti anda harus membuang minyak setiap kali menggoreng. Minyak goreng masih boleh dipakai untuk beberapa kali menggoreng lagi, Syaratnya Anda harus rajin membuang kotoran atau sisa gorengan yang sudah terlihat menumpuk dan mulai berkerak di dasar penggorengan. Untuk proses ini bersihkan dengan menggunakan saringan atau sendok berlubang. Saya sendiri lebih suka menggunakan minyak tidak lebih dari 2 kali.

Pilih tepung yang tepat untuk membuat adonan.

Anda perlu diketahui jenis tepung akan berpengaruh besar terhadap kulit gorengan. Jika adonan dari tepung terigu atau gluten merupakan bahan yang banyak menyerap minyak. Untuk mengatasinya pilihan terbaik bahan gorengan adalah dengan menggunakan tepung yang memiliki type gluten-free. Contonya seperti jenis tepung jagung dan juga tepung beras.


Membuat adonan yang diencerkan atau dicampur air berkarbonasi.

Jenis air ini akan menghasilkan gelembung gas yang berfungsi menghambat proses penyerapan minyak. Tips sederhana lainya adalah meniriskan gorengan di atas kertas serap. Dengan menggunakan kertas serap untuk memberi alas gorengan yang baru satu atau dua menit diangkat akan membuat kelebihan minyak tidak akan melekat ke dalam makanan.

Dengan 3 cara agar gorengan tidak berminyak diatas kita sudah bisa meminimalisir hasil makanan yang kita oleh mengandung minyak berlebih. Selamat mencoba Cara agar gorengan tidak berminyak